21 November 2009

Ekspedisi Sudirman di Detik.com

Bandung - Setelah berhasil mencapai puncak Idenberg pada 29 Januari lalu, tim ekspedisi pegunungan Sudirman Mahitala Unpar pun berhasil mendaki tiga puncak lainnya yang tak bernama. Kini, satu puncak lagi yang belum tersentuh akan mereka daki. Rencananya mereka akan beri nama puncak terakhir ini puncak Unpar atau Universitas Parahyangan.

Menurut Farli, ketiga puncak tak bernama yang telah berhasil tim ekspedisi daki diberi nama puncak Merah Putih, puncak Garuda, puncak Mahitala. Lokasi ketiga puncak tersebut berada dekat dengan lembah Idenburg yang menjadi basecamp tim ekspedisi.

Pada Jumat pagi, 30 Januari, tim Engea-1 yang terdiri dari Atan, Dion, Reyner akan menuju puncak Merah Putih melalui jalur pegunungan Alice Ridge. Tim Engea-2 yang terdiri dari Fran, Yoga dan Rangga menuju puncak Garuda melalui jalur patahan yang mereka temukan di danau Idenberg.

Sedangkan sisanya tinggal di basecamp, lembah Idenburg, untuk melakukan komunikasi dengan Tim Engea-1, tim Engea-2 dan Mario di Tembagapura.

Menurut Farli, Tim Engea-2 berhasil mencapai puncak Garuda pada pukul 10.25 WIT, sedangkan Tim Engea-1 berhasil mencapai puncak merah putih pada pukul 10.30 WIT. Perbedaan yang hanya 5 menit itu, dikarenakan posisi kedua puncak yang saling berdekatan.

Kemudian dua sehari setelahnya, pada 1 Februari, tim eskpedisi berangkat menuju puncak Mahitala. Perjalanan menuju puncak Mahitala memakan waktu 3 hari. Tim pendaki tiba di puncak Mahitala sekitar pukul 12.51 WIT, 4 Februari. Tim berhasil mencapai puncak saat cuaca sedang buruk. "Saat itu cuaca sedang turun hujan disertai angin kencang dan kabut turun dengan tebal," ujar Farli saat ditemui di Kampus Unpar, Jalan Ciumbuleuit, belum lama ini.

Puncak terakhir yang menjadi target tim ekspedisi adalah puncak Unpar. Menurut Farli, tim ekspedisi saat ini tengah persiapan untuk mendaki puncak Mahitala "Info terakhir, tim sekarang baru mau mulai beroperasi," ujar Farli saat dihubungi detikbandung, Kamis (5/2/2009).
(ern/ern)

link : http://bandung.detik.com/read/2009/02/05/111458/1079894/683/mahitala-unpar-berhasil-daki-tiga-puncak-tak-bernama

0 Comments:

Post a Comment

<< Home